-->

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW
Banyak Hal berubah dalam BISNIS JAMAN NOW, namun ada hal yang tetap, bahwa BISNIS merupakan hubungan RELASI SEBAB - AKIBAT.

Membangun REVENUE BARU dari NONCORE

Banyak jenis perusahaan yang melayani pelanggannya satu diataranya pelanggan mass market, dimana perusahaan ini melayani pelanggan dalam jumlah besar diatas ribuan setiap harinya.
Yang termasuk dalam perusahaan ini diantaranya Bandara, Stasiun, Rumah Sakit dan perguruan tinggi.
Isu BIAYA menjadi sensitif di perusahaan diatas oleh karenanya strategi efisiensi menjadi kebijakan utama yang harus dikawal everyday.
Namun demikian sudah banyak perusahaan diatas yabg MOVE ON tidak hanya bicara strategy efisiensi namun menjalankan juga strategy pertumbuhan pendapatan melalui membangun layanan noncorenya.
Jika bandara dulu hanya fokus meraih pendapatan dari naik dan turun serta parkir pesawat saat ini bandara sudah move on dengan membangun fasilitas MALL di area penunggu penumpangnya.
Jika stasiun dulu hanya fokus meraih pendapatan dari menjual tiket kereta saat ini area tunggu dilengkapi banyak cafe dan fasilitas lainnya.
Jika kampus dulu hanya meraih pendapatan dari SPP mahasiswanya saja namun banyak kampus saat ini membangun bookstore.kantin.hotel. dan layanan lainnya untuk menambah pendapatan dari noncore.
Rumah sakit, bukan main, era jkn sudah merubah jumlah kedatangan orang setiap harinya dari ratusan menjadi ribuan. Rumah sakit tidak hanya didatangi oleh orang sakit saja tapi orang sehat yang jumlahnya lebih banyak dari yg sakit.
Satu orang sakit diantar oleh 2-6 orang sehat. Jika poliklinik satu hari dikunjungi oleh 1000 pasien sebenarnya pengunjung totalnya bisa 5000 orang ini setara dengan penonton final  bulutangkis Thomas Cup.
Banyak rumah sakit yang sudah menghadirkan layanan untuk orang sehat semisal kantin.salon. spa. Laundry sehat. Lounge untuk penjaga pasien dan lain lain.
Dari uraian diatas nampaknya 2 strategy dalam layanan publik nampaknya harus dijalankan secara pararel baik strategy efisiensi maupun strategy pertumbuhan pendapatan khususnya dari noncore.
Setidaknya ads 40 Jenis Bisnis Yang bisa dikembangkan menjadi Bisnis Noncore di perusahaan Layanan Publik. 
Dapatkan Inspirasi membangun NONCORE BISNIS di buku BISNIS JAMAN NOW kata pak NAW.
untuk info pemesanan wa. 0852 15976680.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Membangun REVENUE BARU dari NONCORE"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel