-->

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW
Banyak Hal berubah dalam BISNIS JAMAN NOW, namun ada hal yang tetap, bahwa BISNIS merupakan hubungan RELASI SEBAB - AKIBAT.

Mendapat INSPIRASI dari INDUSTRI LAIN


Dalam upaya mempertahankan pelayanan kepada pelanggannya, perusahaan senantiasa melakukan terobosan pada 3 hal : pengembangan produk, operasional layanan dan delivery produk atau layanan.

Hal ini dilakukan untuk menjaga keberlanjutan pelayanan kepada pelanggannya dan menjaganya untuk tidak beralih kepada kompetitor.

Semakin sering terobosan inovasi berbasis kebutuhan pelanggan oleh perusahaan maka semakin besar khans betambahnya loyal customer.

Banyak contoh perusahaan yang sudah melakukan terobosan di 3 lini diatas.

Pada sisi pengembangan produk, perusahaan teknologi dan otomotif adalah menjadi contoh nyata bagaimana lewat produk produknya pelanggan dibuat kebergantungan 100% selama menggunakan produk tsb.

Semisal anda yang memiliki mobil honda selalu akan bergantung menggunakan sparepart honda jika ada kerusakan pun merk lainnya semisal suzuki, toyota dan lainnya.

ketika membeli laptop baru, anda akan sangat bergantung dengan aplikasi microsoft agar dapat menggunakannya sehari hari.

Pada sisi operasional Jepang adalah kiblat nya operasional yang paling efisien dimana melalui perusahaan toyota diperkenalkan Lean Management yang terbukti ampuh untuk menghadirkan operasional pembuatan produl secara efektif dan efisien.

Dan hal ini sudah banyak di adop oleh perusahaan lain baik yang menghasilkan produk maupun jasa.

Dari sisi product delivery, Bank adalah industri yang paling getol membuat banyak terobosan disisi ini yang bertujuan menghadirkan kemudahan nasabahnya dalam bertransaksi.

Beberapa terobosan yang hingga saat ini kita rasakan dan terus bertranaformasi adalah  kantor cabang, kantor cabang digital, layanan atm, gerai atm, atm bersama, atm drive thrue, sms banking, internet banking, uang plastik, kartu kredit, kartu debit dan yang terakhit pengajuan pinjaman melalui aplikasi playsotre.

Menjadikan Terobosan inovasi yang dilakukan industri lain di adop oleh perusahaan kita bukanlah hal mustahil dilakukan, karena pada dasarnya hal ini akan menjadi bagian dari percepatan perubahan untuk pelayanan yang lebih baik.

Semisal industri rumah sakit, dapat banyak meniru inovasi yang  dilakukan oleh perusahaan lain dalam banyak hal.

Untuk pelayanan poliklinik misalnya untuk layanan registrasi pasien kita dapat meniru counter check in bandara baik yang manual maupun yang self service.

Jika dibank ada layanan drive thrue untuk atm mengapa pengelola rumah sakit melakukan hal yang sama untuk layanan pengambilan obat dan hasil lab.

Jika di bandara ada ruang tunggu reguler dan lounge, mengapa tidak di layanan poliklinik dibuat layanan reguler dan eksekutif.

Untuk pelayanan parkir kita bisa mengikuti pelayanan parkir di mall dengan pemberlakuan pemisahan zona parkir fast moving dan slow moving, valey, pararel parking, drop zone, penitipan helm dan pencucian helm.

Jika kita open mind dengan kemajuan industri lain dalam hal melayani pelanggannya, tidak menutup kemungkinan kita akan banyak terbantu dengan adanya hal tersebut dimana hal ini menjadi inspirasi bagi pembuatan terobosan  untuk pelayanan kepada pelanggan yang lebih baik.

Dapatkan inspirasi banyak industri hanya di BUKU JAMAN NOW katapak NAW.
info pemesanan : 0852 1597 6680

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mendapat INSPIRASI dari INDUSTRI LAIN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel