-->

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW
Banyak Hal berubah dalam BISNIS JAMAN NOW, namun ada hal yang tetap, bahwa BISNIS merupakan hubungan RELASI SEBAB - AKIBAT.

Meraih PENDAPATAN dari PEMBOROSAN



Peningkatan pendapatan bagi perusahaan menjadi hot isue karena ini terkait dengan pertumbuhan perusahaan dimasa depan.

Selama ini banyak pihak hanya tau kalau mau pendapatan naik maka perbanyaklah jumlah pelanggan dengan fokus menciptakan produk atau layanan baru yang lebih unggul dari pesaing.

Namun banyak yang tidak menyadari bahwa di dalam biaya total perusahaan 40% disumbangnya disumbangkan oleh hidden cost yang berasal dari pemborosan kerja di level operasional.

Dalam lean management pemborosan ini dikenal dengan istilah dwontime. Defect, waiting, over production, transportation, inventory, motion.

Defect adalah 1 pekerjaan yang seharusnya dilakukan dengan benar dan cukup 1 kali, karena sesuatu hal dikerjakan berulang kali. Contohnya seorang sekretaris ngeprint surat yg seharusnya hanya 1 kali karena kesalahan huruf maka hrs ngeprint berkali kali.

Banyaknya kertas yg digunakan untuk pengulangan diatas yang disebut sebagai pemborosan dalam katagori defect.

Di sebuah rumah sakit dari hanya soal kertas dan satu kasus saja setelah dilakukan perbaikan melalui metode kaizen bisa di hemat biaya sebesar 20 juta per bulan.

Inilah yang saya sebut sebagai meraih pendapatan dari sumber pemborosan atau dwontime di operasional perusahaan


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Meraih PENDAPATAN dari PEMBOROSAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel