-->

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW
Banyak Hal berubah dalam BISNIS JAMAN NOW, namun ada hal yang tetap, bahwa BISNIS merupakan hubungan RELASI SEBAB - AKIBAT.

Membangun CITRA Produk


Kalau konsumen selama ini membeli suatu produk sebenarnya yang membuat mereka memutuskan membeli adalah karena citra produknya.

Penumpang trans jakarta memutuskan setiap hari naik menuju tempat kerjanya karena dsri awal layanan ini mempunyai identitas Layanan sebagai layanan dengan harga yang terjangkau.

Penumpang taxi blue bird memutuskan untuk naik taxi tersebut karena identitas taxi tersebut yang dikenal khalayak sebagai taxi dengan layanan yang cukup baik, salah satu indikasinya barang tertinggal saja di taxi kalau menelpon call centre taxi tersebut maka barang yang tertinggal akan diantar ke rumah pelapor setelah barsng tg dimaksud ketemu.

Citra adalah nyawa bagi produk sehingga banyak perusahaan fokus menangani hal ini melalui kegiatan brand management.

Dalam brand management ada 7 tahapan yang dilakukan ketika perusahaan akan melounching produk terbarunya.

BRAND ELEMENT
Pada tahap ini produk yang akan dipasarkan di beri nama, harga, kemasan, logo, colour harmony dan info lain yang perlu diketahui oleh konsumen terkait produk tersebut. Sebagai contoh brand element ini kita bisa lihat pada info yang melekat pada kemasan produk.

BRAND IDENTITAS
Dalam tahap ini produk yang sudah lengkap element produknya diberi identitas yang memberi kesan tersendiri di pikiran dan hati calon pelanggannya. Ada beberapa pilihan: kuat, lembut, family, friendly, simple, rumit. Semisal kalau kita melihat produk extra joss Maka pikiran kita akan menangkap kesan produk itu terkait dengan kekuatan. Kalau kita melihat produk nestle maka kita akan menangkap kesan sebagai produk kebutuhan keluarga.

BRAND AWERNESS
Di fase ini produk yang sudah mempunyai element dan identitas produk mulai diperkenalkan kepada calon pelanggan melalui multi chaneling baik online maupun offline. Sampai saat ini media tv masih menjadi media yang efektif untuk memperkenalkan produk perusahaan selain melalui majalah, koran, radio. Pada fase ini CO BRANDING sering dilakukan perusahaan dengan menggandeng artis ternama, semisal produk shampo menggunakan artis cantik dalam melakukan brand awerness. Targetnya adalah khalayak mengenal produk perusahaan.

BRAND COMUNITY
Tahap ini merupakan kelanjutan dari brand awerness dimana perusahaan mulai membuat interaksi dengan calon pelanggannya untuk mengenal produk lebih jauh. Beberapa cara yang sering dilakukan adalah konser music, gerak jalan, sepeda santai, touring, ghatering dan setiap kegiatan yang bisa mendatangkan banyak calon pelanggan. Produk anline menggunakan gerak jalan sebagai cara melakukan bramd comunity, hal ini dipilih karena gerak jalan dianggap sejalan dengan anline sebagai produk kesehatan.

BRAND PREFERENCE
Pada tahap ini perusahaan membuat serangkaian paket promosi untuk merangsang calon pelanggan untuk membeli produknya. Beberapa yang sering dilakukan misalnya paket diskon, buy one get one, beli 5 gratis 1, happy hour dll. Fashion sangat getol melakukan hal ini dan dikaitkan dengan momen lebaran, natalan, tahun baru dll.

BRAND LOYALTY
Pada fase ini konsumen yang sudah membeli produk mendapatkan penawaran special. Tujuannya agar konsumen menjadi loyal untuk menggunakan produk tersebut terus menerus. Semisal adanya layanan member card dimana dengan menjadi member akan punya kesempatan untuk memperoleh diskon tertentu. Di dunia perbankan untuk menjaga agar konsumen loyal maka dibuatlah paket diskon untuk pemilik kartu kredit jika makan direstoran yang ditunjuk.

BRAND ADVOCACY
Pada fase ini perusahaan menawarkan program kerjasama kepada pelanggan loyalnya untuk turut serta mempromosikan produk yang sudah dibelinya. Semisal banyak perusahaan menawarkan program member get member atau ada banyak perusahaan memberikan penghargaan kepada pelanggan setianya dengan perayaan yang cukup megah.

Dalam prakteknya keputusan pembelian oleh pelanggan akan terjadi pada fase brand preference dan jika produk dianggap menjawab kebutuhan konsumen maka akan mengalami peningkatan pada fase brand loyalty dan advocacy.

Dalam BRAND MANAGEMENT pemilihan figur untuk menjadi bagian dari co branding sangatlah penting. Rinso memilih maudy, honda memilih agnes, lux memilih pemenang putri indonesia, yamaha memilih komeng telah mengantarkan produk tersebut menjadi pemimpin pasar di kelasnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Membangun CITRA Produk"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel