-->

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW
Banyak Hal berubah dalam BISNIS JAMAN NOW, namun ada hal yang tetap, bahwa BISNIS merupakan hubungan RELASI SEBAB - AKIBAT.

MEMBELI untuk DISIMPAN


Perusahaan untuk menjalankan aktivitasnya melakukan serangkaian kegiatan baik pemasaran, produksi, penyimpanan tidak terkecuali pembelian.

Pembelian dilakukan oleh perusahaan baik yang terkait dengan barang investasi, barang rutin maupun yang terkait dengan pemeliharaan.

Pembelian dibanyak perusahaan terkadang tanpa perencanaan yang matang dan selalu berbasis kepada permintaan dadakan.

Yang terjadi selanjutnya adalah karena perusahaan membeli dadakan dan tanpa perencanaan yg matang akhirnya barang yang di beli acap kali berlebih dan sisa lebih ini yang menjadi beban gudang untuk menyimpannya.

Gudang bagi banyak perusahaan menjadi persoalan tersendiri karena semakin banyak barang yang disimpan maka semakin membutuhkan space yang besar dan hal ini menjadi biaya tersendiri bagi perusahaan.

Oleh karenanya banyak perusahaan berupaya untuk menghilangkan fungsi gudang dengan berbagai cara hal ini untuk menghindari stock barang berlebih.

Yang paling fenomenal adalah careufour. Ketika suplier mengantar barang pesanan dan sampai di lokasi selama barang belum ada yang beli barang masih milik suplier.

Alfamart dengan ukuran outlate sebesar ruko mengambil kebijakan stock barang di gudang yang tersentral, dimana 1 gudang sentral melayani hampir 1000 toko kalau tidak salah.

Dengan adanya keresahan banyak perusahaan akan fungsi gudang menjadi peluang tersendiri bagi pelaku usaha lain untuk membuat kawasan pergudangan.

Dalam dunia proyek pun fungsi gudang lapangan sudah lama ditinggalkan. Kalau kita lihat pembangunan tower2 baru diibukota saat ini sudah tidak ada lago gudang lapangan, semua barang ketika datang langsung dipasang sendiri oleh tim suplier.

Persoalan gudang dan beberapa solusi diatas menggambarkan pentingnya persoalan gudang dan banyak perusahaan jepang sudah menerapkan satu konsep JUST IN TIME dalam mengelola gudang dimana HANYA BARANG YG DIBUTUHKAN dan KAPAN DIBUTUHKAN saja yang harus dibeli.

Dengan menerapkan pembelian dengan pola just in time perusahaan akan terhindar dari penggunaan space gudang yang besar dan akan berdampak terhadap menurunnya biaya perusahaan di dalam pengelolaan gudang.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "MEMBELI untuk DISIMPAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel