-->

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW
Banyak Hal berubah dalam BISNIS JAMAN NOW, namun ada hal yang tetap, bahwa BISNIS merupakan hubungan RELASI SEBAB - AKIBAT.

Menghadirkan SENSASI Layanan

Dalam penyelanggaraan Layanan kesehatan ada 4 kelompok pelanggan yang berkunjung ke rumah sakit.

Pelanggan jenis CUSTOMER NEED. adalah kelompok dimana dalam top mind nya akan selalu mencari layanan yang harganya terjangkau.

Pelanggan jenis CUSTOMER SERVICE  adalah kelompok pelanggan dimana dalam top mind nya menginginkan adanya pelayanan yang terbaik dari sisi waktu dan kenyamanan sejak awal kedatangan,selama proses pelayanan hingga pulang

Pelanggan CUSTOMER BRAND adalah kelompok pelanggan dimana dalam top mind nya menginginkan untuk berkunjung ke rumah sakit yang mempunyai BRAND dan dikenal luas di khalayak.

Pelanggan Jenis CUSTOMER. EXPERIENCE dimana dalam top mind nya bukan hanya mendapatkan pelayanan yang baik sejak awal kedatangan namun mencari RAGAM KEJUTAN DEMI KEJUTAN yang dihadirkan oleh pengelola dan dilihat berbeda dimata pelanggan setiap melakukan kunjungan.

Di era JKN pelanggan yang hadir didominasi oleh pelanggan jenis CUSTOMER NEED dimana pelanggan hadir karena harga yang terjangkau.

Dominasi pelanggan jenis ini ditambah hanya mengandalkan single payer BPJS agak riskan untuk kinerja keuangan Rumah Sakit.

Oleh karenanya perlu dihadirkan Layanan yang dapat mengakomodir pasien non BPJS melalui hadirnya Layanan VIP baik di rawat jalan maupun rawat inap. Data awal di banyak rumah sakit menunjukan ada 10% pasien BPJS menginginkan adanya LAYANAN LEBIH dari yang diterima baik dari sisi kenyamanan dan waktu layanan.

Untuk menambah jumlah prosentase diatas perlu banyak efort dilakukan dengan menghadirkan ragam sensasi kejutan sejak awal merencanakan untuk order pelayanan.

Jika belajar dari industri lain Sebut saja Bank, industri full regulated namun selalu ada kejutan terbaru untuk pelanggan setianya.

Kantor cabang, atm. Gerai atm. Atm drive thrue. Sms bangking. Internet bangking. E money. Kartu debit. Kartu kredit. Layanan prioritas adalah sederatan kejutan demi kejutan bagi pelanggannya dalam memberi kemudahan dalam bertranksaksi.

Ritel penjual makanan setelah hanya melayani layanan onsite hari ini hadir dengan layanan drive thrue. Delivery order, take way dan COD plus order via online semisal go food.

Bagaimana dengah rumah sakit?

Jika dilihat pasien yang paling loyal dan mempunyai ikatan emosional adalah pasien. Rawat inap karen mereka sudah merasakan layanan yang baik dan pengalaman personal selama proses penyembuhan baik plus dan minusnya.

Kedepan chaneling ini bisa dijadikan marketing untuk pengenalan layanan VIP.

Bisa dibayangkan jika 1 hari rumah sakit memulangkan semisal 100 pasien rawat inap maka ada 100 marketing yang tiap harinya akan dengan membawa informasi layanan VIP ini ke keluarga dan rekan kerjanya.

Sebelum hal ini dilakukan tentunya masukan masukan dari pasien rawat inap ini diolah dan dilakukan perbaikan baik dari aspek produk. Price. Promosi. Place. Proses dan people.

Beberapa hal bisa dilakukan diantaranya:
1. Area parkir disediakan PARKIR PRIORITAS untuk pasien VIP
2. Area registrasi ddisediaan REGISTRASI PRIORITAS untuk pasien VIP
3. Layanan RAWAT JALAN disediakan layanan ANTAR OBAT sehingga dimungkin pasien saat sudah diperiksa bisa langsung pulang dan menanti obat di rumah.
4. Layanan RAWAT INAP disediakan eksekutif lounge bagi penunggu pasien sekaligus bisa digunakan untuk co work space dimana memungkinkan penunggu untuk bisa bekerja selama menunggu pasien.

Selamat mencoba.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Menghadirkan SENSASI Layanan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel