-->

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW
Banyak Hal berubah dalam BISNIS JAMAN NOW, namun ada hal yang tetap, bahwa BISNIS merupakan hubungan RELASI SEBAB - AKIBAT.

ALIRAN tanpa ANTRIAN


Di layanan publik dengan masa market tidak bisa dihindari terjadinya antrian yang terjadi di dalam aliran proses pelayanan.

Pemicu antrian sendiri adalah adanya lonjakan kunjungan, konsentrasi kedatangan, lambannya system' pelayanan dan disiplin pelanggan dalam proses antrian.

Oleh karenanya mengurai antrian dalam aliran proses layanan menjadi konsen pelaku layanan publik khususnya saat kondisi pick sesion.

Dimana upaya ini dilakukan sejak awal kedatangan hingga selesainya proses pelayanan.

Untuk mengurai antrian perlu diketahui sebelumnya aliran proses layanan terlebih dahulu.

Semisal di rumah sakit di pelayanan rawat jalan.

Setiap pasien akan melalui aliran proses pelayanan sbb: pelayanan kedatangan pasien, pelayanan regustrasi, pelayanan pemeriksaan dan penunjang, pelayanan obat, pelayanan pembayaran dan pelayanan kepulangan pasien.

Setelah diketahui aliran layanan diatas maka selanjutnya dilakukan intervensi mengurai antrian di tiap titik layanan diatas.

Semisal:
Pada aliran layanan kedatangan dilakukan upaya pemisahan zona parkir pasien dan staf, dilakukan pararel parking, dilakukan pemisahan drop zone antara kedatangan dan kepulangan serta free untuk 1 jam pertama.

Pada aliran layanan registrasi dilakukan pemisahan zona registrasi pasien la dan baru dan pendayagunaan mesin registrasi mandiri.

Pada layanan pemeriksaan dilakukan pemisahan antara 2 dokter yang memiliki pasien banyak dan pemanfaatan e resep online.

Pada layanan obat di sediakan layanan antar obat ke rumah dan pengambilan obat di sore hari.
Pada layanan kepulangan pasien di siapkan paket promosi menarik untuk dikunjungi oleh pasien sebelum pulang.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "ALIRAN tanpa ANTRIAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel