-->

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW
Banyak Hal berubah dalam BISNIS JAMAN NOW, namun ada hal yang tetap, bahwa BISNIS merupakan hubungan RELASI SEBAB - AKIBAT.

Atasi OBESITAS SDM di RS


Obesitas adalah kondisi badan yang mempunyai berat diatas normal di usia seseorang.

Kondisi ini meninbulkan banyak persoalan mulai dari gerak yang lamban hingga banyak kemungkinan penyakit bermunculan sehingga hal ini berdampak kepada produktivitas kesehariannya.

Bagaimana dengan perusahaan, apakah dimungkinkan terjadinya obesitas?

Sangat mungkin, indikasinya yang muncul adalah tidak seimbangnya jumlah pegawai dengan volume pelanggan yang dikelola sehingga hal ini berdampak kepada produktivitas yang rendah.

Bagaimana melihat secara cepat hal ini terjadi?

Pada kasus rumah sakit hal ini bisa dilihat dari rasio jumlah dokter dan volume pasien di poliklinik.
Idealnya 1 dokter melayani 20 pasien sehari dipoliklinik. Angka ini diambil dari asumsi bahwa 10% akan masuk rawat inap ( admision ratio).  Pada kasus rumah sakit yang akan menghasilkan banyak revenue adalah layanan rawat inap.

Di sisi lain angka 20 dicapai dengan dokter berpraktek 4 jam di poliklinik dan sisa waktunya untuk visit keruangan dan  tindakan.

Jika dirumah sakit tersebut memiliki jumlah dokter 50 dengan pasien poliklinik 300 per hari maka 1 dokter melayani 6 pasien.

Hal ini menunjukan Load yang rendah kalau mengacu ke angka 20 pasien per hari, artinya rata rata beban 50 dokter diatas baru 30%

Jika dokter saja beban kerjanya masih rendah maka dipastikan layanan penunjang medis dan non medis juga akan rendah sebagai 2 organ yang menunjang kegiatan dokter dalam melayani pasien.

Oleh karenanya perlu ditingkatkan produktivitas SDM yang dimiliki dengan meningkatkan jumlah volume pasien ke angka yang lebih optimal melalui upaya menghadirkan layanan yang diminati oleh banyak pasien.

Dan untuk itu asuransi dan perusahaan bisa menjadi sasaran utama dalam menghadirkan pasien karena 2 elemen ini dapat menghadirkan jumlah pasien dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan jika menyasar market perorangan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Atasi OBESITAS SDM di RS "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel