Melihat 5 WAJAH Rumah Sakit


Pelayanan rumah sakit adalah kumpulan proses pelayanan yang dibagi kedalam 3 katagori : pelayanan medis, penunjang medis dan penunjang non medis.

Setidaknya pelayanan rumah sakit baik atau tidaknya bisa dilihat dari 5 WAJAH , rawat jalan, rawat inap, kamar operasi, dan klaim serta Area Publik.

Rawat jalan merupakan WAJAH KECEPATAN,  Jika pelayanan di rawat jalan LAMBAT, bisa dipastikan pelayanan yang lain akan lambat.

Rawat Inap merupakan WAJAH KENYAMANAN, jika pelayanan di rawat inap tidak nyaman maka dipastikan Pelayanan yang lainnya tidak nyaman.

Kamar operasi adalah merupakan WAJAH PATIENT SAFETY, jika pelayanan di kamar operasi banyak terjadi insiden patient safety maka dipastikan ditempat lain akan tidak lebih baik kondisinya.

Unit KLAIM merupakan WAJAH KESEHATAN UANG Rumah Sakit, jika klaim yang dilakukan banyak return nya yang dipicu oleh resume medis tidak lengkap dan masih terjadi banyak under codding maka dipastikan keuangan kurang sehat.

AREA PUBLIK merupakan WAJAH KEPEDULIAN atas ORANG SEHAT yang datang ke rumah sakit. Jika area publik sudah banyak menghadirkan layanan untuk orang sehat maka dipastikan manajemen telah care dengan kehadiran orang sehat dirumah sakit yang mengantar orang sakit ke rumah sakit.

Comments

Popular Posts