-->

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW
Banyak Hal berubah dalam BISNIS JAMAN NOW, namun ada hal yang tetap, bahwa BISNIS merupakan hubungan RELASI SEBAB - AKIBAT.

Hadirkan RAGAM INOVASI ala POHON KELAPA

Pohon kelapa adalah satu contoh bagaimana dari satu pohon bisa mempunyai banyak manfaat.

Batang pohon bisa dibuat bahan jembatan, daunnya jadi janur, buah kelapanya banyak manfaat serabutnya jadi bahan jok mobil,  batok kelapanya jadi bahan souvenir, air buah kelapa jadi santan, dan minyak kelapa. 

Bagaimana dalam konteks perusahaan? 

Orang selalu mentok ketika ditanya Inovasi apalagi yang bisa di kembangkan ketika direksi menanyakan ke stafnya di forum rapat. 

Padahal ibarat pohon kelapa, banyak hal yang bisa dikembangkan oleh satu perusahaan di dalam menghadirkan ragam layanan, khususnya perusahaan dengan masa market seperti rumah sakit, bandara, kereta api, sekolah dan perguruan tinggi. 

Gojek adalah satu perusahaan dimana soal inovasi sepertinya lahir setiap hari dari para staf handalnya. 

Setelah laku dengan jualan ojek online dalam waktu yang tidak lama saat ini gojek sudah memiliki ragam inovasi layanan untuk melayani market yang sama, Penumpang ojeknya. 

Semisal Gopay, Gofood, Gosend, dan Go go lainnya. 

Bagaimana dengan Rumah Sakit ? 

Rumah sakit saat ini di era JKN selain kedatangan pasien banyak juga diiringi oleh pengantar yang tidak kalah banyak malah lebih banyak. 

Disisi lain area publik dirumah sakit belum dikelola dengan baik dimana diarea ini pengantar dan pasien masih bersama sama. 

Apa yang bisa dilakukan? 

Dimana ada kerumunan disana ada transaksi demikian juga dengan kerumunan di area publik rumah sakit. 

Setidaknya ada 40 Jenis Bisnis yang bisa dikembangkan di area ini dan ini bisa menjadi sumber pendapatan baru bagi rumah sakit. 

Beberapa rumah sakit sudah mendayagunakan lahan ini sebagai business centre. Sebut saja RSAB Harapan Kita Jakarta dimana di area ini selain Parkir kendaraan, revenue baru disumbang dari beberapa resto yang buka gerai diantaranya : dapur Wiliam, lowsen, midifresh, chat time, Maxx coffee, baso oasis, Dunkin' donut, gerai ATM, dll. 

Hal lain misalnya rumah sakit mengembangkan sumber pendapatan baru dari knowledge business dimana pengalaman manajemen dalam mengelola rumah sakit di sharing ke rumah sakit lain dalam bentuk layanan learning, pendampingan, konsultasi, manage by dan publikasi. 

Misal rumah sakit punya pengalaman dalam pengelolaa IT Rumah Sakit, hal ini bisa dikemas menjadi knowledge Business dengan skema penawaran layanan seperti diatas.

Ketika manajemen mengelola rumah sakit seperti memegang PALU, maka yang terlihat hanya PAKU. 

Namun jika manajemen mengelola rumah sakit seperti Pohon kelapa maka akan banyak peluang yang tercipta dari aset, SDM dan traffic pelanggan yang dimiliki. 


Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Hadirkan RAGAM INOVASI ala POHON KELAPA"

  1. Kita kembangkan dgn inovasi ala pohon pisang.Pisang tak akan mati sebelum berbuah.Tak akan mati sbl beranak alias melahirkan kader pelanjut. Selain buahnya sangat manis dan bergizi tinggi daunnya juga banyak manfaatnya. Batangnya juga kinijadi makanan ternak.Akarnya bahan obat.dll silahkan tambahkan.Pohon2 itu hanya pemicu ,yg menentukan aktifitas otak kita.Let tingkatkan penggunaan karunia Allah terbesar itu.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel