-->

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW
Banyak Hal berubah dalam BISNIS JAMAN NOW, namun ada hal yang tetap, bahwa BISNIS merupakan hubungan RELASI SEBAB - AKIBAT.

new normal : KOLABORASI biar nggak KOLAP


Sabtu kemarin saya melakukan IG LIVE Talk bareng pak marsel yang membicarakan tentang pentingnya kolaborasi di saat new normal untuk mempertahankan keberlangsungan bisnisnya. 

Masa pandemi covid 19 adalah masa masa yang paling berat bagi perusahaan perusahaan yang melakukan bisnis dengan memanfaatkan kerumunan orang yang datang.

dalam kelompok ini kita bisa ambil contohnya adalah : mall, hotel, bandara, pelabuhan, kampus, rumah sakit,

kita melihat sendiri bagaimana perusahaan perusahaan diatas mengalami penurunan yang tajam saat wabah covid 19 baik dari sisi keuangan maupun volume pelanggan dan otomatis keduanya berdampak kepada menurunnya beban kerja SDM dan utlisasi fasilitas yang dimiliki.

new normal memang sudah dikumandangkan, dengan mekanisme mengontrol kerumunan maksimal 50% dari yang biasanya, hal ini menjadi turunan dari kebijakan sosial distancing yang dikeluarkan pemerintah untuk tetap menjalankan roda ekonomi dan bisnis.

hal ini tentu menjadi kabar baik bagi pebisnis khususnya yang manfaatkan kerumunan, namun hingga hari ini kondisi normal before wabah covid 19 datang tidak mungkin lagi dicapai.

oleh karenanya perlu dilakukan banyak upaya baru yang sebelumnya tidak dilakukan untuk tetap menjaga keberlangsungan perusahaan dalam melayani pelanggan.

satu diantaranya adalah menghadirkan layanan 4.0 berbasis kolaborasi. Layanan 4.0 yang dimaksud adalah upaya perusahaan untuk tetap optimal melayani pelanggan dengan membuka chanel baru yang terdiri dari layanan OFFLINE, ONLINE, ONSITE dan OMNI CHANELING.

Layanan off line adalah layanan yang saat ini sudah kita lakukan, dimana pelanggan datang ke lokasi kita untuk menikmati pelayanan yang diberikan, misalnya pelanggan makan di restoran yang kita miliki

Layanan online adalah layanan berbasis digital dimana pelanggan melakukan order via online dan barang yang di order diantar ke lokasi alamat pelanggan. misalnya pelanggan order makanan dari online dan menerima makanan di rumahnya.

Layanan onsite adalah layanan dimana perusahaan melakukan pelayanan kepada pelanggan di lokasi alamat pelanggan tinggal. misalnya pelanggan merayakan ulang tahun dirumahnya  dan restoran membawa tim nya untuk memasak dan menyajikan di rumah pelanggan

Layanan Omni Chaneling adalah layanan dimana pelanggan dapat order secara online dan mengambilnya secara offline di lokasi store yang ditunjuk oleh perusahaan. misalnya pelanggan melakukan order miniman chat time online dan mengambilnya di store chatime yang ditentukan saat order dilakukan.

tentu pembukaan chaneling diatas jika semua disiapkan dengan investasi sendiri akan tidak mungkin dilakukan, oleh karenanya diperlukan kolaborasi dengan pihak lain untuk mewujudkannya.

jika kita bergerak di bisnis makanan, semisal restoran,  dapat melakukan kolaborasi dengan beberapa vendor agar chaneling layanan baru yang dijalankan bisa dijalankan.

Untuk layanan OFFLINE tetap kita jalankan, karena bukanya strore menunjukan kepada pelanggan kita tetap setia melayani pelanggan. 
Untuk layanan ONLINE perusahaan dapat bekerjasama dengan GO FOOD, GRAB FOOD
Untuk delibery order perusahaan dapat bekerjasama dengan GOJEK, GRAB
untuk layanan ONSITE perusahaan dapat bekerjasama dengan Even Organizer yang sering memperoleh order untuk paket Ultah dan Pernikahan.
untuk layanan OMNI CHANELING perusahaan dapat melakukan kerjasama dengan PERKANTORAN dan PUSAT BISNIS dimana perusahaan membuka outlate makan siang di beberapa lokasi ini dan untuk ordernya dilakukan online.

tentu kolaborasi diatas  perlu dipertimbangkan requirement yang harus dipenuhi saat kolaborasi diantaranya saling kenal, saling percaya karena hal ini akan mempermudah untuk membuat komitmen kerjasama dalam kolaborasi. 


upaya diatas tentu merupakan terobosan yang harus dilakukan perusahaan ditengah pembatasan melalui sosial distancing yang dikeluarkan oleh pemerintah.

jika sebelumnya DIMANA ada KERUMUNAN disana ada TRANSAKSI, saat ini kita tetap harus mewujudkan KERUMUNAN dengan tiga upaya melalui chanel layanan ONLINE, ONSITE dan OMNI CHANELING diatas.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "new normal : KOLABORASI biar nggak KOLAP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel