-->

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW
Banyak Hal berubah dalam BISNIS JAMAN NOW, namun ada hal yang tetap, bahwa BISNIS merupakan hubungan RELASI SEBAB - AKIBAT.

Tak NAMPAK tapi PUNYA JEJAK

Kemajuan sebuah perusahaan dipengaruhi oleh 3 hal : kepemimpinan, budaya dan syatem yang dijalankan. 

Kepemimpinan menjadi hal yang sering dibicarakan karena hal ini terkait dengan kontribusinya dalam banyak pengambilan keputusan yang diambil untuk kemajuan perusahaan. 

Kehadiran seorang pemimpin tidak terlepas dari dukungan personal quality yang dimiliki diantaranya Pengetahuan, Pengalaman, kompetensi dan value yang dimiliki. 

Keempatnya akan turut mewarnai dalam proses kepemimpinan dalam membawa organisasi melakukan perubahan melalui banyak keputusan demi keputusan yang diambil untuk kepentingan organisasi. 

Dalam praktek perusahaan dari kacamata praktis setidaknya  ada dua tipe pemimpin yang bisa dilihat secara kasat mata, yaitu yang suka BERSELANCAR dan PENYELAMAN.

PESELANCAR adalah tipe pemimpin yang suka dengan PUJIAN, tak pernah lepas dari Tim Media untuk membuat berita, mengambil foto terbaik dan rutin publikasi walaupun harus gelontorkan dukungan dana Juta Juta untuk semua ini.  

Wajahnya sering menghiasi majalah internal perusahaan dan eksternal dan tidak peduli apakah capaian yang ditulis dimedia itu KEBENARAN atau PEMBENARAN. 

dan kebanyakan terjebak pada situasi membesar besarkan yang kecil karena ketidakmampuan melakukan keputusan yang besar untuk perubahan. 

PENYELAMAN adalah pemimpin yang berkeyakinan seperti halnya sumber gempa, masalah itu letaknya di kedalaman, oleh karenanya mereka  lebih fokus menyelami kedalam perusahaan, menemukan inti persoalan dan mengajak semua pegawai untuk turut serta menyelesaikan masalah yang terjadi. 

Pemimpin ini berkeyakinan ide terbaik berasal dari pegawainya sendiri sehingga hal itu juga yang menjadi alasan ketika dirinya diangkat jadi pemimpin menyelam kekedalaman dimana masalah dan staf nya berada. 

Apa yang sudah dicapai dampaknya akan bersifat jangka panjang karena hal ini didasari oleh saat pengambilan keputusan di dukung oleh pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki dengan dukungan value untuk kebaikan perusahaan dimasa depan dalam jangka panjang. 

Dikemudian hari kalau keduanya PESELANCAR dan PENYELAM sudah meninggalkan perusahaan untuk menjelajah tidak memimpin perusahaan lagi tentu akan punya rekam jejak Dimata staf yang ditinggalkannya. 

Karena intensitas sang PENYELAM dengan staf lebih banyak dan banyak menciptakan perubahan bersama sama maka Dimata stafnya JEJAK KARYANYA tak lekang di telan waktu akan dikenang dalam waktu lama walaupun dari sisi Publikasi Tak nampak dan tidak sedasyat sang PESELANCAR Dimata eksternal 

Pemimpin itu soal KARYA bukan GEGER PUBLIKASI semata , MENYELAM akan lebih banyak selesaikan persoalan dibandingkan menjadi PESELANCAR. 
Termasuk yang manakah kita, PESELANCAR atau PENYELAM? 


Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Tak NAMPAK tapi PUNYA JEJAK"

  1. Berarti Presiden Jokowi Peselancar ya, bukan Penyelam

    Semoga dalam waktu dekat akan hadir Penyelam yang akan menyelamatkan negeri ini.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel