-->

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW
Banyak Hal berubah dalam BISNIS JAMAN NOW, namun ada hal yang tetap, bahwa BISNIS merupakan hubungan RELASI SEBAB - AKIBAT.

TREND LAYANAN saat NEW NORMAL di RS

Covid telah memicu banyak perubahan prilaku masyarakat secara luas, diantaranya mulai meningkatnya pola hidup sehat dengan ramainya kegiatan olah raga dan rendahnya mobilitas masyarakat ke pusat kerumunan. 

Rumah sakit satu diatara pusat kerumunan yang terkena dampak, hal ini ditandai dengan munculnya kondisi income menurun yang disebabkan oleh turunnya kunjungan pasien dan disisi lain hal ini memicu rendahnya utilisasi fasilitas layanan dan underload people yang dimiliki. 

Disisi lain fix cost sudah terlanjur besar dan tentu tak mudah menguranginya, khususnya cost untuk SDM dan penyediaan obat dan bahan medis habis pakai yang meningkat demand-nya saat covid terjadi. 

Dalam kondisi income stag dan tidak bisa di hadirkan maka yang dilakukan adalah dua hal : Bertahan dan Menyerang. 

Bertahan  dengan mengurangi kerugian dengan melihat kembali variable dan fix cost yang bisa dikurangi dan tentu yang lainnya adalah melakukan pembenahan layanan diinternal untuk lebih make everything simple.

Menyerang dengan mencari peluang yang bisa dilakukan berbasis kepada perubahan prilaku yang terjadi di masyarakat saat ini yaitu tumbuhnya pola hidup sehat dan rendahnya datang kepusat kerumunan diantaranya rumah sakit. 

Untuk strategi menyerang ini, hindari investasi baru namun saya lebih menyarankan semua dilakukan dari yang saat ini kita punya : SDM, FASILITAS dan Data Pelanggan yang kita miliki.

Berangkat dari apa yang kita punya diatas kita dapat menghadirkan bentuk layanan baru yang merespon perubahan prilaku pelanggan diatas. 

Beberapa layanan yang bisa dilakukan saat ini adalah: 

Pada RAWAT JALAN 
KONSULTANSI Online dirumah aja 
Layanan pemesanan obat online dan pengantaran obat ke rumah. 
Layanan MCU Drive thrue 
Layanan MCU di rumah aja
Rehab medik di rumah aja 
Layanan perawatan luka dirumah aja 

Pada RAWAT INAP 
pelayanan perawatan dirumah untuk pasien rawat panjang 
Pelayanan GIZI SEHAT delivery untuk pasien rawat panjang dirumah 

Pada TINDAKAN OPERASI 
layanan sunat di rumah aja 

Dan tentu banyak inovasi lain yang bisa dilakukan , dan hal ini akan muncul l big banyak jika dalam penyusunannya melibatkan seluruh karyawan rumah sakit. 

Karena sejatinya IDE TERBAIK berasal dari KARYAWAN. TERBAIK yang kita miliki dan apa yang saat ini kita miliki adalah yang TERBAIK yang kita miliki. 

Selamat mencoba 

Salam

Paknaw 



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "TREND LAYANAN saat NEW NORMAL di RS "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel