-->

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW
Banyak Hal berubah dalam BISNIS JAMAN NOW, namun ada hal yang tetap, bahwa BISNIS merupakan hubungan RELASI SEBAB - AKIBAT.

BANYAK tapi tak BERISIK

Pelayanan sebuah perusahaan dalam prakteknya melibatkan banyak SDM yang tersebar di tiga lini utama : pengembangan produk, operasional dan marketing dan di layanan penunjang seperti keuangan, sarana prasarana, administrasi, legal dan lainnya. 

Dalam perjalanannya tentu tidak lepas dari TURBULENSI yang harus dihadapi baik dari regulasi, pelanggan, pesaing, mitra bisnia dan karyawan internal sendiri. 

Dari regulasi misalnya sering adanya perubahan peraturan dari regulator, dari pelanggan mudahnya pindah ke pelayanan perusahaan lain, dari kompetitor yang lebih inovatif, dari mitra bisnis adanya perubahan kontrak secara sepihak dan dari karyawan internal adanya godaan head hunter untuk pindah keperusahaan lain. 

Banyak perusahaan dapat keluar dari turbulensi diatas dan kembali dalam keadaan stabil dimana semua bisa dikendalikan.

Namun banyak juga perusahaan saat hadapi turbulensi diatas oleng dan menghadapi kenyataan fatal sampai dengan bubarnya pelayanan yang di lakukan  perusahaan kepada pelanggan. 

Mengapa hal diatas bisa terjadi? Meskipun sdm yang dimiliki cukup banyak dan tersebar di berbagai lini perusahaan. 

Banyaknya sdm yang dimiliki bukan berarti perusahaan lebih mampu dalam menghadapi turbulensi dibandingkan perusahaan dengan sdm yang sedikit.

Jika SDM yang banyak itu tidak BERISIK dalam konteks bersama sama mencari jalan keluar untuk keluar dari turbulensi yang dihadapi maka yang terjadi adalah bukan fokus mencari solusi malah membangun sekoci. 

Membangun sekoci menyelamatkan diri sendiri dan berharap akan selamat dari badai turbulensi yang terjadi. 

Oleh karenanya dibutuhkan SDM yang selalu berisik untuk selalu berorientasi kepada perbaikan untuk kebaikan perusahaan, dibandingkan banyak SDM namun tak banyak yang berisik ( peduli). 

Agar SDM berisik banyak dimiliki Perusahaan dibutuhkan media untuk melakukan Pembibitan melalui iklim yang kondusif untuk menampung IDE IDE terbaik, memfasilitasi agar Ide ide terbaik yang muncul untuk dapat terimplementasi dan memberi apresiasi dengan memberikan kejutan dan kegembiraan atas hasil yang dicapainya. 




Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "BANYAK tapi tak BERISIK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel