-->

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW
Banyak Hal berubah dalam BISNIS JAMAN NOW, namun ada hal yang tetap, bahwa BISNIS merupakan hubungan RELASI SEBAB - AKIBAT.

memahami KEBUTUHAN Pelanggan

Secara umum tujuan pasien berkunjung ke rumah sakit adalah ingin berubah dari keadaan sakit menjadi sehat sedia kala. 

Merespon hal ini runah sakit meresponnya dengan menghadirkan pelayanan rawat jalan yang terdiri dari Poliklinik dan IGD dan pelayanan rawat inap yang terdiri dari perawatan dengan tindakan dan non tindakan. 

Kehadiran rumah sakit lain sebagai tujuan berobat menjadikan pasien punya pilihan, mau berobat ke rumah sakit A atau B. 

Pertanyaannya adalah apakah yang menjadi pertimbangan pilihan seorang  pasien untuk berkunjung ke rumah sakit A atau B dari sisi Alur Pelayanan RS ? 

Setidaknya  ada 4 area pelayanan yang sering menjadi perhatian pasien:

a. Area parkir
Kemudahan masuk, mencari dan mendapatkan parkir secara cepat. Hal ini byk diabaikan pihak manajemen karena semua terkonsentrasi dengan pernasalahan pelayanan di area dalam. Padahal banyak rumah sakit kehilangan pasien VIP karena sulitnya mencari parkir

b. Area Poliklinik
Saat pasien berkunjung ke poliklinik kebutuhan pasien hanya ingin cepat ketemu dokter dan dapat obat untuk segera pulang dan istirahat dirumah . Dibanyak rumah sakit banyak pelayanan poliklinik dirasakan lama oleh pasien dan kondisi ini dipicu bukan oleh pemeriksaan dokternya yang lama tapi karena persoalan bentrokan jadwal visit ke ranap, jadwal operasi dengan jadwal praktek dokter di poliklinik. Dan tentunya banyak pemicu lain yang membuat lama seorang pasien di pelayanan poliklinik setara perjalanan jakarta - semarang via tol alias 5 jam. Apapun alasannya manajemen harus cari cara untuk lebih mempercepat kecuali ingin banyak kehilangan pasien middle up nya.

C. Area rawat inap
Saat pasien dirawat yang dibutuhkan adalah kenyamanan selama dalam prosea perawatan. Oleh karenanya banyak rumah sakit hadirkan taman di area rawat inap. Yang menjadi dasar adalah saat pasien dirawar dan tidak bosa situnggu keluarganya maka taman yang indah bisa jadi penggantinya. 

D. Area kamar operasi
Saat pasien diminta untuk dilakukan tindakan operasi, jadwal operasi yang lebih cepat akan lebih baik. Semakin lama jadwal di dapat pasien ada kemungkinan pasien merubah keinginan menunda atau memutuskan untuk pindah ke rumah sakit lain yang dapat melakukan penkadwalan yang lebih cepat. 

Tentu tidak mudah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan diatas karena semua area ini melibatkan banyak pihak yang saling terkait satu sama lain. 

Namun berupaya terus menerus melakukan perbaikan dan secara visual tampak terjadi perubahan akan membuat rumah sakit nya menjadi Pilihan utama  pasien yang ingin berobat. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "memahami KEBUTUHAN Pelanggan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel