-->

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW
Banyak Hal berubah dalam BISNIS JAMAN NOW, namun ada hal yang tetap, bahwa BISNIS merupakan hubungan RELASI SEBAB - AKIBAT.

Mengelola KERUMUNAN Rumah Sakit dengan LAYANAN 2 RASA

Dimana ada kerumunan disana ada transaksi, tidak terkecuali rumah sakit sebagai pusat kerumunan baru pasca diterapkannya program Jaminan Kesehatan Nasional di 2014. 
JKN membawa lonjakan kunjungan pasien yang luar biasa, bagaimana tidak sebuah rumah sakit di jakarta pelayanan polikliniknya yang tadinya hanya 200 pet hari setelah bermitra dengan BPJS selaku operator payment JKN naik menjadi 1000 an per hari. 

Tentu dampak ikutan dari hal ini adalah meningkatnya utilisasi fasilitas dan peralatan dan tentu beban kerja SDM yang tadinya underload menjadi optimal bahkan sampai ada yang overload sehingga diputuskam untuk menambah sdm, fasilitas dan peralatan baru untuk menunjang pelayanan kepada pasien. 

Disisi lain adanya kehadiran pasien BPJS sendiri membawa fenomena lain dimana dalam survey dibeberapa rumah sakit kehadiran orang sakit ini membawa dampak ikutan yaitu hadirnya orang sehat yang mengantar orang sakit tersebut. 

Di beberapa rumah sakit justru jumlah orang sehatnya lebih banyak dari yang sakitnya. 

Jika dilihat bahwa dampak ikutan ini sebagai sebuah peluang bagi rumah sakit maka sudah sepatutnya manajemen mulai memikirkan untuk hadirkan Rumah Sakit dalam Layanan 2 rasa , yaitu rumah Sakit hadir melayani orang Sakit dan melayani orang sehat. 

Melayani orang sakit tentu ini hal utama dan rumah sakit sudah menghadirkannya melalui fasilitas layanan rajal, ranap, tindakan operasi dan Icu yang ditunjang oleh layanan penunjang medis dan non medis. 

Melayani orang sehat, nah ini yang belum menjadi perhatian strategis untuk dijadikan sumber income yang sama pentingnya dengan sumber income pelayanan medis. 

Untuk mengetahui pelayanan apa saja yang dapat dihadirkan oleh rumah sakit untuk orang sehat tentu kita harus memulainya dari kehadiran orang sehat di area rumah sakit.

Orang sehat hadir di rumah sakit menemani orang sakit setidaknya ada di 3 area utama :

Area publik
Area poliklinik
Area rawat inap 

Selanjutnya kita dapat mengcreate layanan orang sehat di 3 area tersebut, misalnya :

Area publik :
Menghadirkan business centre yang menyediakan coffee shop, working space, buah segar, restoran, barbershop, massage, kebutuhan sehari hari, dll

Area Poliklinik
Menghadirkan layanan MCU dengan harga khusus sebagai bentuk apresiasi karena sudah bersedia mengantar pasien berobat , menyediakan suplemen untuk menjaga dan merawat kesehatan dan lainnya

Area rawat inap
Menghadirkan lounge untuk penunggu pasien dengan harga terjangkau atau catering gizi sehat yang diantar berbarengan dengan jadwal makan pasien. 

Menghadirkan Pelayanan 2 rasa diatas untuk orang sakit dan orang sehat tentu butuh kemampuan dan kepedulian  lebih dari manajemen rumah sakit untuk melihat bahwa hari ini rumah sakit tidak hanya dikunjungi orang sakit tapi ada efek ikutan dengan hadirnya orang sehat. 

Oleh karenanya untuk akselerasi pertumbuhan dan perkembangan rumah sakit ke depan sudah saatnya Layanan 2 rasa ini di jadikan agenda strategis untuk menggarapnya.

Nantikan Sharing Paknaw bareng IKAMARS FKM UI pada 12 Juni 2021 tentang Meningkatkan Pelanggan Rumah Sakit dengan hadirkan Layanan 2 Rasa diatas.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengelola KERUMUNAN Rumah Sakit dengan LAYANAN 2 RASA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel