-->

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW
Banyak Hal berubah dalam BISNIS JAMAN NOW, namun ada hal yang tetap, bahwa BISNIS merupakan hubungan RELASI SEBAB - AKIBAT.

RS tumbuh secara EKSPONENCIAL

Saat ini dunia bisnis mengalami gerakan percepatan yang luar biasa cepatnya baik dari sisi hadirnya inovasi baru, operasional layanan dan upaya meraih pelanggan dalam skala besar. 

Hal ini sebagai hasil dari hadirnya teknologi informasi yang melahirnya banyak temuan temuan baru model bisnis yang merusak tatanan konvensional. 

Model bisnispun berubah dari adanya pergeseran model pertumbuhan  bisnis Linier menjadi model pertunbuhan bisnis exponencial. 

Dalam model pertumbuhan bisnis linier memandang bahwa revenue bersumber dari 1 sumber dan diperoleh dari  volume pelanggan yang dilayani. Semakin banyak melayani maka akan semakin banyak meraih revenue. 

Dalam model pertumbuhan exponencial revenue dihasilkan dari multi sumber dan dari sumber pelanggan yang sama. 

Kata kuncinya adalah menawarkan banyak hal ke market yang sama berbasis bidata pelanggan yang dimiliki. 

Sebagai contoh OJEK dan GOJEK awalnya sama sama melayani layanan antar penumpang, namun dikemudian hari GOJEK yang datang belakangan kepenumpang ojek yang sama menawarkan beragam layanan lainnya semisal go food, gopay, go clean, go glowing, go flix dan lainnya. 

Dari uraian diatas dapat kita lihat bahwa OJEK akan meraih revenue sesuai dengan volume penumpang yang diantar sementara GOJEK akan menerima revenue tidak hanya dari Penumpang tapi dari permintaan lainnya semisal pesan Go food dan lainnya. 

Inilah perbedaan pertumbuhan revenue Linier dan Exponencial.

Bagaimana dengan rumah sakit? 

Jika menggunakan model pertumbuhan linier maka revenue rumah sakit diperoleh dari pasien rawat jalan dan rawat inap yang di layani. Semakin banyak melayani maka semakin membuka peluang menghadirkan banyaknya revenue yang diraih. 

Jika menggunakan model pertumbuhan exponencial maka sumber revenue bisa dihadirkan dari banyak sisi diantaranya :
1. Margin
2. Branding
3. Kolaborasi
4. Manage by 

Ataupun bisa mengembangkan layanan noncore business diantaranya :
Di area publik
Menyediakan ragam layanan untuk orang sehat pengantar pasien diantaranya business center, co working space, freshmart dll

Di area poliklinik
Menyediakan layanan MCU untuk perusahaan yang terkait penerimaan pegawai, rotasi pegawai, karir pegawai, pemeriksaan sebelum melakun wisata, pernikahan , dll.
Menyediakan  layanam mobile breakfast dengan harga terjangkau bagi pengantar pasien, pasien cuci darah dan rehab medik. 

Di area rawat inap
Menyediakan layanan catering sehat bagi pasien pasca rawat inap dan executive lounge bagi penunggu pasien yang membutuhkan makan dan minum selama menunggu pasien. 

Dalam pertumbuhan exponencial difokuskan kepada melahirkan inovasi layanan untuk melayani market yang sama dengan mendayagunakan sdm, fasilitas dan bigdata yang dimiliki untuk menghadirkan revenue yang berlipat dari yang diperoleh saat ini. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "RS tumbuh secara EKSPONENCIAL"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel