NOW : GOOGLE RIVIEW jadi acuan PELANGGAN memilih LAYANAN RS

Membaca kemauan pelanggan nggak akan ada habisnya, sampai yang disebut survey kepuasan pelanggan terus dilakukan secara rutin 2 tahun sekali. 

Belakangan kita agak ketolong dengan google riview dimana kita bisa melihat rating kepuasan pelanggan yang berkunjung ke pelayanan kita secara realtime, tidak hanya rating , pelanggan pun memberi komentar dari yang ngomel sampai puas dengan layanan yang diberikan. 

Beberapa teman memberi informasi bahwa jika hasil rating dibuat oleh minimal 1000 orang dan rating diatas 4.5 maka rekomended untuk dikunjungi.

Sayapun saat ini menggunakan google riview ketika mencari hotel saat berkunjung mengajar di kota pertama yang saya kunjungi. 

Kalau ratingnya diatas 4.5 dan di ulas oleh minimal 1000 orang saya akan langsung memesannya tanpa pertimbangan lebih banyak. 

Bagaimana hal ini bisa didayagunakan di rumah sakit?

Pasien rawat inap adalah sasaran yang tepat untuk dimintakan memberikan rating dan komentar di google riview, hal ini karena pasien rawat inap sudah merasakan hampir semua pelayanan baik medis, penunjang medis dan non medis di rawat jalan dan rawat inap

Kapan kita meminta pasien tersebut untuk memberikan rating dan masukan? , waktu yang tepat adalah saat menunggu proses kepulangan pasien 

Siapa yang meminta pasien untuk memberikan rating di google riview? Yang tetbaik adalah perawat ruangan dengan pertimbangan dalam beberapa hari perawat sudah berinteraksi dan saling kenal dengan pasien dan keluarga yang menunggunya. 

Dimana hal ini dilakukan, sebaiknya dilakukan di ruang rawat inap dimana pasien tersebut dirawat.

Bagaimana caranya pasien memberikan rating dan komentar?, perawat ruangan setelah menjelaskan maksud dan tujuan pemberian rating dan komentar di gpogle riview , meminta pasien atau keluarganya membuka handphonenya dan search nama rumah sakit di google 

Lalu saat sudah ketemu, ada tanda bintang dan kolom komentar yang bisa diisi oleh pasien untuk memberikan rating dan masukan bagi perbaikan rumah sakit. 

Selamat MENCOBA , semoga Rumah sakitnya naik rating google riviewnya diatas 4.5 dan menjadi pilihan utama dikotanya saat menentukan pilihan untuk tempat berobat. 

Comments

Popular Posts