-->

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW
Banyak Hal berubah dalam BISNIS JAMAN NOW, namun ada hal yang tetap, bahwa BISNIS merupakan hubungan RELASI SEBAB - AKIBAT.

from VALUE to REVENUE

Saat berkunjung ke Kawasan Kintamani, bali kemarin, kawasannya menyajikan  view indah  gunung dan danau batur. 

Bisnis ikutanpun muncul, baik makanan, minuman, pemandian air panas dan lainnya seiring dengan hadirnya banyak wisatawan yang berkunjung kesana. 

Singkatnya tempat ini menawarkan banyak VALUE yang diberikan kepada pengunjungnya saat menikmati keindahan VIEW gunung batur dan danau batur dan tentu akhirnya pengunjung mau mengeluarkan kocek demi mendapatkan semua  VALUE yang disajikan.

Makna dari cerita diatas adalah VALUE menjadi nilai tukar utama saat pelanggan memutuskan untuk membeli apa yang diinginkannya. 

Bagaimana dengan Pengunjung  Rumah Sakit?

Tentu berlaku sama, dimana saat memutuskan untuk berkunjung ke sebuah rumah sakit, VALUE menjadi pertimbangan utama saat memutuskan. 

Jika mengacu kepada 5 jenis pelanggan yaitu : Need customer, Brand customer
, Service customer, Experience customer
Dan Delight customer dengan Value yang berbeda beda. 

Maka tentu Rumah Sakit harus hadirkan VALUE sesuai target pelanggannya. 

Jika fokus di need market, maka VALUE yang dimuculkan adalah dominan di Harga yanh terjangkau dan Layanan yang cepat agar bisa mengejar high volume. Contoh yang menerapkannya adalah RS yang melayani pasien BPJS. 

Jika fokus di brand market maka VALUE yang dimunculkan adalah Kualitas layanan, kemudahan akses, keramahan dan kekuatan reputasi. Contoh rumah sakitnya adalah Rs  Siloam, RS. Hermina dan RS. Mitra Keluarga. 

Jika fokus di service market maka VALUE yang dimunculkan adalah Pelayanan yang TERBAIK yang diberikan mulai sejak kedatangan pertama ala Layanan Prioritas semisal di Bank , executive Lounge. Contoh Rumah Sakit yang menerapkannya adalah RS. Pondok Indah, RS. Abdi Waluyo Jakarta.

Jika fokus di experience customer maka VALUE yang diberikan adalah Pengalaman terbaru yang pertama kali dialami oleh pelanggan. Contoh yang hadirkan layanan ini adalah SOS service dimana manajemen menyiapkan pesawat jet/ helikopter untuk membawa pasien ke rumah sakot rujukan.

Jika fokus pada delight customer, maka VALUE yang dihadirkan JANJI perubahan yang cepat dan nampak before afternya , contoh dari pelakunya adalah Klinik Kecantikan yang menawarkan paket badan ideal dalam 1 bulan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "from VALUE to REVENUE "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel