-->

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW
Banyak Hal berubah dalam BISNIS JAMAN NOW, namun ada hal yang tetap, bahwa BISNIS merupakan hubungan RELASI SEBAB - AKIBAT.

BELAJAR dari ORANG DALAM Rumah Sakit

SDM Rumah Sakit tidak bisa lepas dari update knowladge setiap tahunnya, hal ini karena tuntutan Perubahan pelayanan yang dari tahun ke tahun menuntut adanya perbaikan dalam hal kualitas dan kecepatan pelayanan. 

Kualitas pelayanan dibutuhkan karena hal ini tetkait dengan keselamatan pasien dan kecepatan pelayanan dibutuhkan karena kecepatan akan menentukan keberhasilan dalam mencapai target yang telah ditetapkan khususnya pencapaian target volume pasien yang dilayani.

Oleh karenanya seringkali petugas pelayanan di rumah sakit seringkali di bekali pengetahuan dan keahlian baru yang dalam penyelenggaraannya di kelola oleh bagian diklat Rumah Sakit. 

Seringkali bagian diklat mengundang pihak eksternal sebagai nara sumber atau mengirim peserta ke pihak eksternal yang menyelenggarakan pembelajaran yang dibutuhkan. 

Namun sering dilupakan bahwa sebenarnya rumah sakit memiliki banyak nara sumber yang bisa diberdayakan untuk memberikan pembelajaran yang dibutuhkan.

Setidaknya ada beberapa unit kerja yang bisa dijadikan nara sumber l, diantaranya:

1. Perawat IGD  
Dari unit ini perawat IGD bisa dimintakan untuk sharing Bekerja dalam kondisi Turbulensi, karena kita ketahui bahwa karakter layanan IGD yang penuh ketidakpastian dengan datangnya pasien dan ketersediaan ruangan rawat inap saat dibutuhkan. Dan perawat IGD dalam keterdesakan kondisi pasien harus berkoordinasi dengan banyak unit agar layanan kepada pasien bisa terpenuhi. 

2. Perawat Kamar Operasi
Dari perawat kamar operasi kita bisa belajar tentang pentingnya safety, karena karakter pekerjaannya yang memang menuntut safety yang tinggi sebelum dilakukan tindakan. 

3  Perawat Rawat Inap kelas 1
Dari perawat rawat inap kelas 1 kita bisa belajar komunikasi efektif dan penanganan komplain, karena karakter pasien di rawat inap kelas 1 seringkali rewel dan banyak komplain. 

4. Perawat ICU
Dari perawat ICU kita bisa belajar Kesabaran dimana karakter pelayanan yang diberikan menuntut konsentrasi tinggi di dalam melayani pasien ICU. 

5. Perawat Poliklinik
Dari perawat Poliklinik kita belajar keberaturan, dimana karakteristik pelayanan nya menuntut untuk membangun keberaturan dalam hal mengatur antrian pasien yang mengantri dilayanj oleh dokter.

Tentu sebelum diminta untuk sharing bagian diklat harus memberikan pembekalan melalui Training of Trainer , untuk memberikan pembekalan dalam hal menyiapkan bahan ajar, cara mengajar dan evaluasi pembelajarannya. 

Tentu unit lain bisa dijadikan nara sumber juga sesuai kebutuhan yang ingin dipenuhi. 

Selamat mencoba. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "BELAJAR dari ORANG DALAM Rumah Sakit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel