-->

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW
Banyak Hal berubah dalam BISNIS JAMAN NOW, namun ada hal yang tetap, bahwa BISNIS merupakan hubungan RELASI SEBAB - AKIBAT.

yang DIABAIKAN dari RS yang sudah MERASA BESAR

Saat menyelenggarakan Pelayanan kesehatan, sudsh tentu semua berbasis kepada adanya need pelanggan tidak terkecuali rumah sakit.

Namun demikian seiring banyaknya pilihan rumah sakit yang bisa dikunjungi, pelanggan punya kesempatan untuk memilih mana yang terbaik.

Terbaik menurut rumah sakit terkadang berbeda dengan terbaik menurut pelanggan.

Terkadang bagi rumah sakit yang sudah merasa besar , sudah meraih predikat KARS Paripurna dan fasilitas serta alat yang lengkap cukup menjadi pilihan pelanggan, OH YAAA.....

disisi lain saat ini banyak bermunculan rumah sakit baru di beberapa kota  dan menjadi alternatif lain  pilihan pelanggan saat ingin berobat. 

Mengapa demikian? 

Dari sisi EKSPETASI pelanggan, setifaknya ada 4 hal yang dilihat oleh pelanggan saat memilih : Kualitas layanan, Reputasi, Keramahan dan Kemudahan akses 

Seringkali pemain lama dengan Kepercayaan diri yang tinggi karena merasa sudah berkualitas dan punya reputasi di kalahkan oleh pemain baru karena mengabaikan 2 hal terakhir yaitu keramahan dan kemudahan akses saat pasien berkunjung. 

Banyak pemain lama memiliki persoalan diantaranya dari sisi keramahan yaitu : seringnya pelanggan no smile, no eye contact, no respect, no empathy, no insurance dan no effort. 

Disisi lain saat datang ke rumah sakit akses parkirnya sulit, ketemu dokter di poliklinik menunggu lamaaaa, masuk kerawat inap lamaaaa, pulang dari rawat inal prosesnya lamaaa dan mendapat jadwal tindakan operasi yang lamaaaaa.

Sementara pemain baru menghadirkan kondisi sebaliknya. Dari sisi keramahan petugasnya senantiasa smile, eye contact, respect, empathy, insurance dan effort

Dari sisi kemudahan akses menghadirkan kondisi sebaliknya dari cerita diatas. 

Oleh karenanya sudah saatnya manajemen me riview kembali 4 hal diatas. 

Memenuhi kualitas adalah ATURAN BERMAIN yang harus dipenuhi satu diantaranya dengan memenuhi syarat kualitas yang diminta regulator. 

Namun membangun Reputasi, keramahan dan kemudahan akses adalah CARA MELAYANI yang harus dihadirkan secara berkualitas juga sesuai ekspetasi pelanggan. 

Terkadang rumah sakit banyak menaruh perhatian besar pada ATURAN MELAYANI saja tapi minim perhatian pada CARA MELAYANI 

Oleh karenanya sudah saatnya manajemen menaruh perhatian pada 2 hal yaitu ATURAN MELAYANI dan CARA MELAYANI agar selalu menjadi Pilihan terbaik dari yang terbaik untuk dikunjungi pelanggan. 

Penuhi syarat kualitas dengan indikasi meraih AKREDITASI bintang 5.

Penuhi Reputasi dengan selalu banyak Menyentuh pelanggan melaui rangkaian program awerness, edukasi, promosi, apresiasi dan networking

Penuhi Keramahan pelayanan dengan hadirkan petugas yang selalu Smile, eye contact, respect, empathy, insurance dan effort 

Hadirkan kemudahan akses melalui kemudahan yang diberikan kepada pasien dan keluarga saat mencari parkir, cepat ketemu dokter, cepat masuk rawat inap dan cepat mendapatkan jadwal tindakan operasi. 

Memang tidak mudah, butuh koordinasi dan kolaborasi yang melibatkan lintas unit kerja baik dipelayanan medis, penunjang medis dan non  medis. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "yang DIABAIKAN dari RS yang sudah MERASA BESAR "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel