LAYANAN komplemen di RS

Dalam penyelenggaraan Pelayanan publik, terdapat 10 sumber Inovasi yang diharapkan dapat mendongkrak Kinerja Perusahaan, satu diantaranya Penyediaan Produk atau layanan Komplemen. 

Penyediaan Produk dan layanan komplemen di Pelayanan publik saat ini sedang banyak dihadirkan oleh penyelenggara pelayanan. 

Produk dan layanan ini dihadirkan di area tunggu sebelum keberangkatan, dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan selama proses menunggu jadwal keberangkatan. 

Bandara adalah contoh nyata bagaimana area tunggu disulap tidak hanya menjadi area tunggu namun dilengkapi oleh falisilitas ala mall di pusat kota. 

Semua ini dipicu oleh satu pernyataan bahwa dimana ada kerumunan disana ada transaksi, dan kita ketahui bandara soetta setiap tahunnya menerbangkan puluhan juta penumpang dan pasti melalui area tunggu bandara. 

Bagaimana dengan rumah sakit? Apakah bisa menghadirkan hal yang sama. Tentu bisa.

Karena di era JKN, selain orang sakit yang berkunjung diikuti juga kunjungan orang sehat yang mengantar orang sakit, dan terkadang jumlahnya lebih banyak dari orang sakitnya.

Seperti halnya bandara, rumah sakit juga mempunyai area tunggu yang pasti dilalui oleh pasien dan pengantarnya.

Di beberapa rumah sakit malah di buat aea business center.

Semisal di RS. NU Tuban menghadirkan KANTIN SEHAT di area Publik, MOBILE STORE yang berkeliling menjual makanan ringan ke Pengunjung area Poliklinik dan penyediaan catering sehat untuk penunggu pasien rawat inap.

Semua dihadirkan untuk merespon adanya need dari orang sehat yang mengantar orang sakit saat berobat. 

Comments

Popular Posts