-->

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW

Bisnis JAMAN NOW kata Pak NAW
Banyak Hal berubah dalam BISNIS JAMAN NOW, namun ada hal yang tetap, bahwa BISNIS merupakan hubungan RELASI SEBAB - AKIBAT.

4 SUMBER Pendapatan RS di era JKN

Pertumbuhan pendapatan Rumah Sakit di era JKN selalu di identikan dengan pertumbuhan volume pasien. Semakin banyak pasien maka semakin peluang pendapatan semakin besar. 

Oh yah? 

Memang betul, volume pelanggan menjadi satu diantara 4 sumber pendapatan RS di era JKN 

lantas 3 sumber lainnya bisa diperoleh dimana? 

Adapun ke 3 sumber pendapatan lainnya adalah 

1. Noncore Layanan 
Noncore bisnis dapat dikembangkan baik di area publik, poliklinik maupun rawat inap.

Untuk diarea publik selain dari parkir bisa dihadirkan business center untuk melayani kebutuhan orang sehat yanh mengantar pasien, semisal foodcourt, toko buah, freshmart, dan juga hadirkan toko yang menyediakan kebutuhan orang sakit. 

2. Kualitas klaim BPJS
Pastikan klaim yang diajukan tidak ada yang under claim, yang dipicu oleh resume medis yang isinya tidak lengkap. Semakin lengkap klaimnya diajukan maka  akan semakin optimal nilai nominal yang diterima, dan sebaliknya jika klaim tidak diisi lengkap maka akan minimal nilai nominal yang diterima. 

3. Efisiensi pada 3 sumber biaya terbesar yaitu Tindakan, Farmasi dan Labolatorium. 

Dibanyak kasus klaim, ada 3 kondisi yang terjadi, nominal klaim positif artinya ada selisih positif yang diterima, yang kedua nominal klaim negatif artinya nilai klaim yang diajukan lebih besar dari tarif yang di tetapkan. 

Pemicunya adalah banyak kasus yang un control dalam penggunaan obat, pemeriksaan labolatorium dan biaya tindakan. Oleh karenanya diperlukan adanya kegiatan Kendali mutu dan kendali biaya pada 3 kegiatan diatas. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 SUMBER Pendapatan RS di era JKN "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel